Pengaruh Keterlambatan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Di Mediasi Oleh Kebijakan Kompensasi Di Maskapai Air Asia

Authors

  • Nunuk Dwi Garwanti Endang Palupi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda,Yogyakarta, Indonesia
  • M. Ardya Dzaky Amundia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda,Yogyakarta, Indonesia
  • Chinthia Sari Yusriana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda,Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54131/jbma.v12i1.221

Keywords:

keterlambatan, harga, kompensasi, kepuasan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterlambatan dan harga terhadap kepuasan yang di mediasi oleh kebijakan kompensasi di maskapai Air Asia di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan Pesawat Air Asia di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu yaitu konsumen yang pernah menggunakan transportasi Pesawat Air Asia minimal 3 kali, dan dengan bantuan  metode regresi berganda.   Berdasarkan hasil penelitian diketahui keterlambatan dan harga  berpengaruh terhadap kepuasan  yang dimediasi oleh kebijakan kompensasi di maskapa Air Asia. di Yogyakarta.

References

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Isdiati, H. (2024). Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Faktor, & Indikatornya.

K. (2024). Analisis Penanganan Kompensasi Delay pada Maskapai Lion Air terhadap Kepuasan Penumpang oleh PT Kokapura di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. 5, 540.

Khoung,& Uyen. (2014). The Factor Afeecting Vietnam Airlines Service Qualiy And

Kotler, Philip & Keller, (2012). Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler, Philip. (2006). Manajemen pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T Indeks Gramedia.

Ma’ruf Sandi. (2024). Kompensasi : Pengertian, Indikator, Tujuan Dan Jenis.Www.Akuntansilengkap.Com.https://www.akuntansilengkap.com/bisnis/pengertian-kompensasi-indikator- tujuan-jenis

Nurfajrina, A. (2024, May 5). Mengenal Rumus Lemeshow dan Cara Menghitung Sampelnya.

Passanger Satisfaction -A Medition Analysis Of Service Quality. International Journal Of Innovation, Management And Tecnology, (Vol.5:327-333).

Rahayu, S., & Qumayrofiqoh, R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, keterlambatan penerbangan, dan manajemen waktu terhadap kepuasan pelanggan PT. Batik Air di bandara Juanda Surabaya.

Ratriani, V. (2023). Apa Saja Faktor-faktor Penyebab Keterlambatan Penerbangan. Industri Kontan. https://industri.kontan.co.id/news/apa-saja.

Setyawan, K. A., & Prayudista, E. (2023). Analisis Pengaruh Pemberian Kompensasi Maskapai Terhadap Kepuasan Penumpang Saat Delay. Nusantara Journal of Behavioral and Social Sciences, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.47679/202324

Shidarta. (2018). Keterlambatan dan Pembatalan Penerbangan. Binus University. https://business-law.binus.ac.id/2018/01/19/keterlambatan-dan-pembatalan- penerbangan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Wahyu, I., Habibah, E., Makkie, N., Kusuma, P., Teknologi, S. T., & Yogyakarta,

Downloads

Published

2025-03-19