Pengaruh Live Streaming, Flash Sale, dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Shopee

Authors

  • Veni Ardiati Leriyan Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa
  • Indri Hastuti Listyawati Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa
  • Mukti Murtini Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa
  • Edi Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa

DOI:

https://doi.org/10.54131/jbma.v12i2.232

Keywords:

live streaming, flash sale, gratis ongkir, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh live streaming, flash sale, dan gratis ongkir (ongkos kirim) terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi Shopee di Yogyakarta. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling, sedangkan data dikumpulkan melalui wawancara, kajian pustaka, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,986 > 0,05. Sebaliknya, flash sale berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Demikian pula gratis ongkos kirim berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas tersebut memberikan kontribusi sebesar 80,3% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 19,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini menegaskan bahwa strategi promosi digital, khususnya flash sale dan gratis ongkir, efektif meningkatkan keputusan pembelian pada pengguna Shopee.

References

Ardin, W. N. (2020). Pengaruh flash sale dan tagline “gratis ongkir” Shopee terhadap keputusan pembelian impulsif secara online (Studi pada mahasiswa pengguna aplikasi Shopee di Universitas Sumatera Utara).

Baskaran, S., & Keloth, V. (2018). Recent trends in e-commerce. International Journal of Research in Engineering, IT and Social Sciences, 6(1), 40–44.

Chen, C. C., & Lin, Y. C. (2018). What drives live-stream usage intention? The perspectives of flow, entertainment, social interaction, and endorsement. Telematics and Informatics, 35(1), 293–303. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.12.003

Aprilia, Cucu Puspita, & Ranto, Dwi Wahyu Pril (2024). Pengaruh E-Wom, Lifestyle, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking pada Situs Traveloka.Com pada Pekerja di Yogyakarta (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat dan Kereta Api). Jebital: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(2), 1-12.

Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati. (2020). Pengaruh program flash sale terhadap perilaku impulsive buying konsumen marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58–64.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (edisi 9). Universitas Diponegoro.

Himayati. (2018). Gratis Ongkos Kirim. PT Elex Media Komputindo.

Huang, Y., & Suo, L. (2021). Factors affecting Chinese consumers’ impulse buying decision of live streaming e-commerce. International Journal of Marketing Studies, 13(2), 191–2025. https://doi.org/10.5539/ijms.v13n2p191

iPrice Insights. (2022). Map of e-commerce in Indonesia. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 13, Jilid 1). Erlangga.

Nazir, M. (2018). Metode penelitian. Ghalia Indonesia.

Nighel, S., & Sharif, O. O. (2022). Pengaruh flash sale terhadap pembelian impulsif e-commerce Shopee di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen, 9(3), 1335–1344. https://doi.org/10.xxxxx/jebm.9335

Narimawati, U. (2020). Populasi Dan Sampel Penelitian. Agung Media.

Saebah, N. (2020). Pengaruh promosi gratis ongkir terhadap impulse buying dengan flash sale sebagai variabel intervening pada e-commerce Shopee. Jurnal Ekonomi, Koperasi, dan Kewirausahaan, 11(1), 16–19.

Sekaran, U. (2019). Research methods for business (6th ed., Vol. 2). Salemba Empat.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-22). Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran berbasis gratis ongkir. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2018). Strategi pemasaran. Andi Offset.

Umar, H. (2019). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. PT Raja Grafindo Persada.

Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh flash sale terhadap pembelian impulsif online pada toko online Pulchgallery. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 4(1), 63–70.

Baka, Ł. (2018). Development And Validation Of The Polish Version Of Colquitt’s Organizational Justice Measure. International Journal of Occupational Medicine and Environmental Health, 31(4), 415–427. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.130ijom.01187

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Pujiastuti, E. E. (2013). Pengaruh Kepribadian Dan Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Usia Dewasa Awal. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1), 1–8.

Ranto, D. W. P. (2017). Pengaruh Entrepreneurial Traits Terhadap Intensi Kewirausahaan. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.18196/bti.8108

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

30-09-2025