Pengaruh Destination Image, E-wom, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Alam Sirah Pemali
DOI:
https://doi.org/10.54131/jbma.v12i2.230Keywords:
Destination Image, E-Wom, Kualitas Pelayanan, Digital Marketing, Fasilitas, Keputusan BerkunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh destination image, e-wom , kualitas pelayanan, digital marketing, dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Wisata Alam Sirah Pemali. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena fluktuasi jumlah kunjungan yang berpotensi memengaruhi pendapatan wisata. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan penyebaran kuesioner kepada 270 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination image, e-wom, dan fasilitas berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Sementara itu, digital marketing dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Temuan ini memberikan rekomendasi agar pengelola wisata lebih memfokuskan strategi pengembangan pada penguatan citra destinasi, peningkatan ulasan positif, pelayanan yang optimal, dan penyediaan fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung.
References
“Siaran Pers: Menpar Optimistis Capaian Kinerja Pariwisata 2024 Lampaui Realisasi Tahun Sebelumny.” [Online]. Available: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menpar-optimistis-capaian-kinerja-pariwisata-2024-lampaui-realisasi-tahun-sebelumnya
D. G. Nirwaty Tarigan, Binur Pretty Napitupulu, Ivan Benedict Tambunan and R. S. Padriadi Wiharjokusumo, Mega Williandani, Lyandru Tambunan, Bambang Famuji, “Pengenalan Wisata Dan Hygiene Hotel Bagi Siswa/I Sd Kasih Tulus School, Kabupaten Deli Serdang,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., vol. 3, no. 1, pp. 10–27, 2018, [Online]. Available: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
F. Zakaria and R. D. Suprihardjo, “Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan,” J. Tek. Pomits, vol. 3, no. 2, pp. 2301–9271, 2014.
I. Salsabila and A. Y. Puspitasari, “Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam Pengembangan Desa Wisata,” J. Kaji. Ruang, vol. 3, no. 2, p. 245, 2023, doi: 10.30659/jkr.v3i2.29524.
M. Renandi Ekatama, D. Warisi, T. Lintang, S. Ria, and F. Bisnis, “Strategi Pengembangan Desa Wisata Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Di Desa Pahawang Tourism Village Development Strategy in the Context of Increasing the Economy in Pahawang Village,” Insa. MANDIRI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 15–20, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.stikestrimandirisakti.ac.id/index.php/insanmandiri
“Wana Wisata Sirah Pemali Winduaji.” [Online]. Available: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/destinasi-wisata/wana-wisata-sirah-pemali-winduaji
I. G. A. D. M. Prameswari and I. Rachmawati, “Pengaruh E-WOM terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Objek Wisata Bali Zoo Park),” e-Proceeding Manag., vol. 8, no. 4, p. 3204, 2021.
E. Sarmigi and E. Parasmala, “Pengaruh Fasilitas, Lokasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Bukit Khayangan Kota Sungai Penuh,” Al-Dzahab, vol. 2, no. 2, pp. 93–105, 2021, doi: 10.32939/dhb.v2i2.946.
E. G. Rokhayah and Ana Noor Andriana, “Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara,” J. Kaji. dan Terap. Pariwisata, vol. 2, no. 1, pp. 10–18, 2021, doi: 10.53356/diparojs.v2i1.43.
M. Rifansyah and D. Sihombing, “Pengaruh Fasilitas, Lokasi dan Daya Tarik Wisata terhadap Keputusan Berkunjung Agrowisata Sawah Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang,” J. Ekon. dan Bisnis Digit., vol. 1, no. 3, pp. 153–170, 2022, doi: 10.55927/ministal.v1i3.1149.
G. Mas, S. Kirana, B. Mandala, N. Made, and A. Aksari, “Pemasaran Media Sosial Memoderasi Hubungan Antara Destination Image dan Tourist Satisfaction Terhadap Revisit Intention ( Studi pada Wisatawan yang Pernah Berkunjung ke Jimbaran ),” vol. 21, 2025.
P. Andiaresmi and R. Pramono, “Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Destination Image Terhadap Minat Berkunjung Ke Kebun Raya Bogor,” Metta J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 4, pp. 373–381, 2023, doi: 10.37329/metta.v3i4.2817.
S. Sumatri and M. G. N. A. Pribowo, “PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus Pada Wisata Kampoeng Durian Bengkulu Tengah),” J. Entrep. dan Manaj. Sains, vol. 4, no. 2, pp. 681–694, 2023, doi: 10.36085/jems.v4i2.5560.
S. Kanwel, Z. Lingqiang, M. Asif, J. Hwang, A. Hussain, and A. Jameel, “The influence of destination image on tourist loyalty and intention to visit: Testing a multiple mediation approach,” Sustain., vol. 11, no. 22, 2019, doi: 10.3390/su11226401.
R. Octafian, J. A. Putri, D. T. Putra, G. A. Khoiri, A. A. Alnilam, and M. A. Putra, “Pengaruh E-WOM Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kota Lama Semarang of Mouth ( e-WOM ). E-Wom adalah opini positif dan negatif yang disampaikan oleh pelanggan mengenai pendapat suatu layanan ataupun brang , yang terjadi seca,” J. Ilm. Pariwisata, vol. 2, no. 2, 2023.
A. T. Darmawan and M. B. Setiawan, “PENGARUH INFLUENCER MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo Di Kota Semarang),” Jesya, vol. 7, no. 1, pp. 778–789, 2024, doi: 10.36778/jesya.v7i1.1412.
M. F. Noorrahman and M. Sairin, “Analisis Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Upt Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara,” SENTRI J. Ris. Ilm., vol. 2, no. 12, pp. 5475–5481, 2023, doi: 10.55681/sentri.v2i12.1988.
J. P. Ayu, “Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari di Kepulauan Seribu,” J. Ilm. Pariwisata, vol. 26, no. 3, p. 223, 2021, [Online]. Available: http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1478
D. Whatmough, “8. Digital marketing,” Digit. PR, p. 192, 2018, doi: 10.1108/978-1-78756-619-420181009.
R. Fay, “Meru,” African Am. Stud. Cent., vol. 3, 2005, doi: 10.1093/acref/9780195301731.013.42425.
E. K. B. Pelawi and R. Rismawati, “Pengaruh Fasilitas dan Bauranpromosi terhadap Keputusan Berkunjung pada Event Bazaar Jakarta Fest di Medan,” J. Ris. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 54–59, 2024.
M. Yuyun Mardiyani, “Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang,” Manag. Anal. J., vol. 4, no. 1, pp. 65–75, 2015.
S. Ath’af and S. Sukaris, “Pengaruh destination image, electronic word of mouth, dan accessibility terhadap decision to visit wisatawan pada Wisata Alam Gosari Kabupaten Gresik,” J. Manaj. Strateg. dan Apl. Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 211–222, 2024, doi: 10.36407/jmsab.v7i2.1233.
Nurita Andriani and Nuri Ma’rifatullaili, “The Influence of E-WoM and Destination Image on Tourist Visiting Decisions to Ekasoghi Beach Sumenep Regency,” Daengku J. Humanit. Soc. Sci. Innov., vol. 2, no. 6, pp. 869–878, 2022, doi: 10.35877/454ri.daengku1335.
M. Yusuf, “Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Destination Image Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Pada Pariwisata Syariah Di Provinsi Sumatera Barat,” Al-Hikmah J. Agama dan Ilmu Pengetah., vol. 17, no. 2, p. 28, 2020.
D. Hermawan and N. M. D. K. Putri, “Optimalisasi Electronic Word of Mouth (E-WoM) Sebagai Media Promosi Destinasi Wisata di Indonesia,” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 1, p. 351, 2023, doi: 10.35931/aq.v17i1.1809.
S. Malikhah, M. Fadhilah, and H. Welsa, “Meningkatkan Minat Berkunjung Kembali melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Pengunjung Domestik Wisata Puncak Becici Yogyakarta,” J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 8, no. 2, p. 1817, 2023, doi: 10.33087/jmas.v8i2.1479.
I. S. H. Yusuf and R. Pratama, “Pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Objek Wisata Pulau Maitara),” J. Mitra Manaj., vol. 4, no. 11, p. 1356, 2020, doi: 10.52160/ejmm.v4i11.481.
A. D. Sari, N. M. S. Wijaya, and I. M. K. Negara, “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Bali Zoo Pada Era New Normal,” J. IPTA, vol. 10, no. 2, p. 206, 2023, doi: 10.24843/ipta.2022.v10.i02.p03.
S. Ajid, S. Abdul Haji, and I. S. Hi Yusuf, “Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word of Mouth ( E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Di Wisata Pulau Maitara Desa Maitara Utara,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 7, no. 1, pp. 18–30, 2023, doi: 10.32493/jpkpk.v7i1.30227.
G. Andreas, W. Sumanti, D. Ismail, I. G. Dirga, and S. Arya, “Sumanti et al 2022_MIRIPP,” vol. 01, no. 12, pp. 3601–3625, 2022.
D. Riadi, L. A. Permadi, and W. Retnowati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Hijau Bilebante Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Wisatawan,” J. Ris. Pemasar., vol. 2, no. 2, pp. 38–49, 2023, doi: 10.29303/jrp.v2i2.2678.
S. Diana, A. Syahril, D. Anggreni, and F. E. Wari, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien,” J. Telenursing, vol. 5, no. 2, pp. 3266–3272, 2023, doi: 10.31539/joting.v5i2.7710.
S. Mutia and D. Ahmady, “MANAJEMEN DIGITAL MARKETING DAN ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUUSAN PENGUNJUNG MELALUI MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA OBYEK TAMAN WISATA CELOSIA GARDEN KABUPATEN ACEH JAYA,” Policy, vol. 01, no. 2, p. 256, 2023.
G. T. Mulyansyah and R. Sulistyowati, “Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya,” Pendidik. Tata Niaga, vol. 9, no. 1, pp. 1097–1098, 2020, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056
S. H. P. P. Daulay, “Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari,” J. Creat. Agung, vol. 12, no. 2, pp. 1–19, 2022.
J. Situmorang, R. Sembiring, and J. A. T. P. Sianturi, “Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX (Maret 2023 – Agustus 2023),” J. Imu Manaj. METHONOMIX, vol. 6, pp. 1–13, 2023.
A. Rahmat Fajrin, G. Wijayanto, and S. E. Kornita, “Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar,” J. Ekon. KIAT, vol. 32, no. 1, p. 42, 2021, doi: 10.25299/kiat.2021.vol32(1).7406.
P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif PROF Dr. Sugiyono, vol. 11, no. 1. 2019. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
P. D. Sugiyono, “METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” 2022.
P. R. Sihombing and A. M. Arsani, Aplikasi STATA untuk Statistisi Pemula, no. Februari. 2022.
S. Yamin, Olah data Statistik Smart Pls 3 Smart Pls AMOS & STATA, 3rd ed. Depok, Jawa Barat, 2023.
J. F. Hair, J. J. Risher, M. Sarstedt, and C. M. Ringle, “When to use and how to report the results of PLS-SEM,” Eur. Bus. Rev., vol. 31, no. 1, pp. 2–24, 2019, doi: 10.1108/EBR-11-2018-0203.
N. Hazirah, M. Dzin, and F. Lay, “ilmu pendidikan Validitas dan Reliabilitas Skala Efikasi Diri yang Disesuaikan dalam Konteks Malaysia Menggunakan Pendekatan PLS-SEM,” 2021.
R. Hair, J. F., Black, W., Babin, B., & Anderson, on Multivariate Data Analysis Joseph F . Hair Jr . William C . Black Eight Edition., vol. 1, no. 2. 2018.
F. P. Hamid, T. Wolok, and A. Juanna, “Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Hiu Paus Botubarani,” Jambura, vol. 7, no. 3, pp. 1085–1098, 2025, [Online]. Available: http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
V. M. Ompusunggu, R. A. Sitorus, and C. Siagian, “PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( E- WOM ) TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA KAWASAN WISATA DI KABUPATEN KARO Program Studi Manajemen , Fakultas Soshum , Universitas Quality * Email : [email protected] Pendahuluan Pariw,” no. 1, pp. 64–77.
R. Apriliani and F. Nurtjahjani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Destination Image Terhadap Keputusan Berkunjung Di Jawa Timur Park 1 Kota Batu,” J. Apl. Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 229–233, 2023, doi: 10.33795/jab.v9i1.572.
Zeithaml., Valerie A., and L. L. Berry, “Servqual: A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality,” J. Retaling, vol. 64, no. 1, pp. 12–40, 2018.
A. F. Maulin and C. Sabana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word of Mouth, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Berkunjung Di Kolam Renang Tirta Arum Bojong Kabupaten Pekalongan,” JAMS J. Account. Manag. Student, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2024.
Z. Yongkang, “Marketing Communication Theory: The Hierarchy of Effects Model,” J. Appl. Econ. Policy Stud., vol. 5, no. May, pp. 62–67, 2024, doi: 10.54254/2977-5701/5/2024035.
Diksha Uniyal, “The Intersection of Social Media, Influencer Attributes, and Travel Intentions: A Review of Research Trends,” J. Inf. Syst. Eng. Manag., vol. 10, no. 33s, pp. 90–109, 2025, doi: 10.52783/jisem.v10i33s.5461.
[R. Maulana, J. S. D. Raharjo, and A. L. Hakim, “PENGARUH DIGITAL MARKETING, CITRA DESTINASI DAN HARGA TIKET WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (Studi Kasus di Tempat Wisata DM Tirta Persada Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang),” Pros. Semin. Nas. Adm. Banten, vol. 1, no. 1, pp. 160–166, 2024, [Online]. Available: http://kampus.stiabanten.ac.id/ojs/index.php/pena/article/view/160%0Ahttp://kampus.stiabanten.ac.id/ojs/index.php/pena/article/download/160/150
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarah Dien Hawa, Anisa Naimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.













