Pengaruh E-Wom, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nivea Body Serum Di Kota Batam

Authors

  • Elfira Anggraini Universitas Putera Batam
  • Alice Erni Husein Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.54131/jbma.v12i2.229

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengupas secara mendalam hubungan kausal antara e-WOM, kualitas produk, dan tingkat kepercayaan dalam memengaruhi keputusan final pembelian Nivea Body Serum di ranah urban Batam. Penelitian ini berlandaskan pada metodologi kuantitatif dengan deskriptif, dengan melibatkan 100 individu yang telah memiliki pengalaman pembelian terhadap produk yang dikaji. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, mengacu pada pendekatan Lameshow guna menjamin keterwakilan sampel yang sahih terhadap populasi sasaran. Prosedur analisis data mencakup pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis untuk mengidentifikasi kekuatan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Temuan menunjukkan bahwa variabel e-WOM memiliki andil sebesar 27,3% dalam membentuk keputusan pembelian, kualitas produk menyumbang 38,3%, dan pada kepercayaan berkontribusi sebesar 37,3%. Analisis koefisien determinasi (R2), mengemukakan bahwa ketiga variabel tersebut menjelaskan 77,6% variabilitas dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-WOM, kualitas produk, dan kepercayaan memiliki signifikansi pengaruh yang solid secara parsial maupun kolektif terhadap keputusan pembelian produk Nivea Body Serum di Kota Batam.

References

Apriastuti, N. M. D., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Electronic Word of Mouth (Ewom)Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Belanja Online Shopee Di Kota Denpasar. Jurnal Emas, 3(10), 51–70.

Ahmudin, A., & Ranto, D. W. P. (2023). Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel di Yogyakarta. Jurnal E-Bis, 7(1), 158-168. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1112

Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(1), 39. https://doi.org/10.24252/minds.v7i1.13715

Cahyani, M., & Ghazali, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc Universitas Bina Sarana Informatika , Indonesia oleh peneliti yaitu Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembe. Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 41–53.

Lubis, M. D. P., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kemudahan , Keamanan , dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 209–218. https://doi.org/10.30812/target.v5i2.3021

Luthfi, A. S., Suryoko, S., & Susanta, H. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Lazada (Studi pada Konsumen Lazada di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 793–799. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35791

Mahdi, A. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Nivea di Sidoarjo. Journal of Creative Power and Ambition (JCPA), 2(2), 11–19. https://core.ac.uk/download/pdf/196142693.pdf

Merta, I. P. G. B., Trinanasari, N., & Bagia, I. W. (2022). Influential Factors of Online Shopping Decision. International Journal of Social Science and Business, 6(2), 246–252. https://doi.org/10.23887/ijssb.v6i2.44077

Nadirah, A., Risal, M., & Ikhwan, N. (2023). Effect of Product Quality and Promotion Mix on Coca Cola Purchase Decition. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(3), 881–886. https://doi.org/10.17358/jabm.9.3.881

Ningsih, M. G., & Siagian, M. (2024). Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Batam Center. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 192–204.

Nurhaida, & Realize. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Bukalapak Di Kota Batam. ECo-Buss, 5(3), 907–920. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.651

Pratiwi, D. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Series Serum. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 5(3), 132–140. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i1.3885

Primadineska, R. W., & Jannah, S. M. (2021). Perceived Security and Trust in Electronic Payment Systems: How They Affect the Decision to Use EPS During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2). https://doi.org/10.18196/mb.v12i2.11456

Putri, C. N., & Fauzi, T. H. (2023). The Effect of E-WOM and Brand Image on Purchasing Decisions of Automotive Products: Mediating Role of Brand Trust. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(3), 843–854. https://doi.org/10.17358/jabm.9.3.843

Putri, S. H. D. E., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Two Way Cake Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71.

Rahmawati, R., Jatmiko, R. D., & Sa’diyah, C. (2022). The Effect of Brand Ambassador, Website Quality, and E-WOM on Purchase Decision in Shopee E-commerce. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), 218. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.1023

Saputra, A., & Putri, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Two Way Cake di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71. https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/jemi/article/view/141

Sembiring, M. J., Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2022). The Impacts of Product Quality, Promotion, Brand Association, Purchase Decisions on Japanese Motorcycles. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(2), 214. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2022.v16.i02.p03

Sitorus, A. E., & Realize. (2024). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan Merek, dan Informasi Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett di Kota Batam. ECo-Buss, 7(12), 509–521.

Suyatno, A., & Yacob, S. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telkomsel Yang Dimediasi Oleh Manajemen Saluran Distribusi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(01), 256–270. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i01.28366

Widodo, A., & Yusiana, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Usia Sebagai Moderator. Jurnal Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1041–1050.

Winardy, I., Purba, P. Y., Chaniago, C., & Andika. (2021). The Positive Impact of Product Quality, Price, and, Promotion on Purchasing Decision of Toyota Innova Cars. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 161–166. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Yuniati, & Siagian, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Import, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Thrifting Di Batam. Journal of Management & Business, 6(2), 215–225.

Downloads

Published

30-09-2025