Pengaruh Saluran Distribusi, Keamanan Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Di PT Shuang Hor Indonesia

Authors

  • Santi Universitas Putera Batam
  • Wasiman Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.54131/jbma.v12i2.227

Keywords:

Keamanan Produk, Labelisasi Halal, Minat Beli, Saluran Distribusi

Abstract

Tujuan utama dari riset ini adalah untuk menelisik secara menyeluruh bagaimana konfigurasi saluran distribusi, keamanan produk dan labelisasi halal secara signifikan memengaruhi minat konsumen untuk melakukan pembelian pada PT Shuang Hor Indonesia. Penelitian ini dijalankan dengan pendekatan kuantitatif yang dilandasi oleh rancangan deskriptif untuk menyibak keterkaitan antar variabel secara terstruktur. Total populasi dalam observasi ini berjumlah 315 individu konsumen, dari mana 176 sampel diekstraksi dengan kaidah Slovin melalui mekanisme simple random sampling. Jalur analisis data ditempuh melalui pemeriksaan kredibilitas instrumen, penyaringan asumsi klasik, penerapan model regresi linier berganda, serta pemantapan hipotesis melalui uji t dan uji F. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa peran saluran distribusi dalam memengaruhi minat beli tercermin dalam kontribusi sebesar 15,1%. Di sisi lain, aspek keamanan produk memberi dorongan sebesar 29,9%, sementara labelisasi halal menyumbang sebesar 45,0% terhadap variasi minat beli konsumen. Adapun nilai determinasi (R²) tercatat sebesar 71,7%, yang menandakan bahwa ketiga variabel bebas secara sinergis mampu menjelaskan mayoritas fluktuasi dalam variabel dependen. Inferensi dari pengujian statistik menyatakan bahwa seluruh variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan baik dalam konteks parsial maupun simultan terhadap minat pembelian di kalangan pelanggan PT Shuang Hor Indonesia.

References

A’yuni, D. S., Sundari, & Prahara, R. S. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Masyarakat Muslim Mojokerto. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(1), 2599–2473. https://doi.org/10.31538/almada.v5i1.4469

Djakasaputra, A., Juliana, Aditi, B., Fachrurazi, & Mas’ad, M. A. (2023). The Influence of Halal Certification, Halal Awareness, and Brand Image on Interest in Buying Halal Food Products: An Empirical Study of Consumers in Indonesia. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 7(2), 103–115. https://doi.org/10.28918/ijibec.v7i2.2003

Hanum, H., & Wiwoho, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(4), 465–480. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i4.478

Harahap, S. F., Rokan, M. K., & Syarbaini, A. M. B. (2024). The Influence of MUI Halal Certificates on Buying Interest and Consumer Confidence. Image : Jurnal Riset Manajemen, 12(1), 71–81. https://doi.org/10.17509/image.2024.006

Hervina, U. P., & Marlien, R. A. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Promosi, Saluran Distribusi dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Pada PT. Indolakto Semarang. Jurnal Mirai Management, 8(2), 527–538.

Iqbal, M., & Raorenza, A. P. (2024). Comparison Study Of The Effect Of Product Quality, Halal Label, Price, And Brand Collaboration On Purchase Intention For Somethinc, Scarlet, And Ms. Glow Products. Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam, 9(2), 199–217.

Mariam, A., & Nopianti, N. (2022). Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik ( Studi Kasus Siswa / Siswi Perhotelan SMK Negeri 1 Ciamis ). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2627–2633.

Munir, M., & Putri, A. F. W. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi, Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli Ulang Air Minum Dalam Kemasan Merek Cleo di Surabaya. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(3), 88–93. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v2i3.341

Purnamasari, W., Rohmatiah, A., & Indartini, M. (2021). Pengaruh Harga, Promosi Dan Saluran Distribusi Semen Gresik Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Distributor PT Abadi Putera Wirajaya). JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 10(1), 40–50. https://doi.org/10.33319/jeko.v10i1.87

Ramadayanti, F., & Kurriwati, N. (2022). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen di Era Pandemi Studi Pada Ramio Cafe And Mart di Sumenep. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(4), 99–110. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i4.13507

Sauki, M. I., & Lahindah, L. (2024). The Influence of Security, Privacy, and Trust on the Interest in Using Cash on Delivery Payment Method for Online Purchases of Facial Cleansing Products in Jakarta. Journal of Business Management Education, 9(2), 1–11.

Sinambela, E. A., Azizah, E. I., & Putra, A. R. (2022). The Effect of Green Product, Green Price, and Distribution Channel on The Intention to Repurchasing Simple Face Wash. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 156–162. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1766

Tanjung, S., Simanjorang, E. F. S., & Limbong, C. H. (2023). the Influence of Price, Product Quality, and Security on Consumer Buying Interest in Online Shopee Shopping(Study on Labuhanbatu University Students’Management Study Program). Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 3427–3440.

Umayyah, R., & Zulfa, M. (2021). Peran Labelisasi Halal Dan Daya Tarik Iklan Dalam Membangun Minat Beli Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Pemediasi. Ekobis, 22(1), 45–58.

Wardhani, A. S. (2024). Pengaruh Labelisasi Halal , Cita Rasa dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Konsumen Permata Bakery. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Dan General, 3(01), 32–42.

Yaqin, A., Akramiah, N., & Subagio, D. P. W. (2024). The Influence Of Tam And Security Factors On Interest In Using Kai Access For Generation X In Pasuruan. AGREGAT: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 79–99. https://doi.org/10.22236/agregat

Downloads

Published

30-09-2025