Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Pada Kinerja UMKM Tahu Kalisari

Authors

  • Sugeng Rianto Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia
  • Achmad Syauqi Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia
  • Angga Ari Prasetya Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia
  • Mia Anjani Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54131/jbma.v11i2.197

Keywords:

Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja UMKM

Abstract

Para pelaku UMKM tahu kalisari tentunya tidak pernah lepas dari berbagai permasalahan yang ada. Mulai dari permasalahan yang terjadi di dalam perusahaan yaitu turunnya penjualan yang berdampak pada pendapatan bulanan bahkan tahunan sehingga mengakibatkan penurunan laba usaha. Para pelaku UMKM tahu ini juga masih dikelola sebagian besar oleh masyarakat dengan tingkat pendidikan menengah kebawah sehingga membuat kurangnya kemajuan dalam transformasi kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar terhadap kinerja UMKM Tahu Kalisari. Dengan menggunakan 97 responden pelaku UMKM tahu Kalisari dihasilkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap orientasi pasar dan kinerja UMKM. Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap Kinerja UMKM serta menjadi mediasi antara orientasi kewirausahaan dan kienerja UMKM.

References

Wahyuni, N.M. and Sara, I.M., 2020. The effect of entrepreneurial orientation variables on business performance in the SME industry context. Journal of Workplace Learning, 32(1), pp.35-62.

Nellestijn, L., 2022. The effect of entrepreneurial behaviour on multinational performance in sub-Saharan Africa moderated for corporate culture: Business potential for multinationals (Master's thesis).

Jayanagara, O. and Chen, K.A., 2023. The Effect of Information Communication Technology Readiness and Knowledge Management on Entrepreneurial Strategic Orientation and its Implications on Firm Performance. Marketing of Scientific and Research Organizations, 47(1), pp.71-104.

Sari FA, Farida N. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Umkm Kuningan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 2020 Aug 14;9(3):345-52.

Hamel C, Wijaya A. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha UKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan. 2020;2(4):863-72.

Meekaewkunchorn N, Szczepańska-Woszczyna K, Muangmee C, Kassakorn N, Khalid B. Entrepreneurial orientation and SME performance: The mediating role of learning orientation. Economics & Sociology. 2021 Apr 1;14(2):294-312.

Purwanto, A.H.D., Nashar, M., Jumaryadi, Y., Wibowo, W. and Mekaniwati, A., 2022. Improving medium small micro enterprise’(MSME) performance. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 9(5), pp.37-46.

Gunawan, P. A., & Kunto, Y. S. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Nutrition Label Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo: Efek Moderasi Orientasi Makanan Sehat. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 48-56.

Hawa, S. D. (2022). User Interface dan Social Media Marketing Sebagai Pendorong Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban, 3(2), 57-60

Hawa, S. D. (2021). Dampak Electronic Word Of Mouth (eWom) pada Smarthphone Xiaomi. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban, 2(2), 27-34

Suangkupon, A., Haro, A., Oktaviana, D., Dewi, A. T., & Anisa, W. (2020). The influence of brand image and service quality towards purchase intention and its impact on the purchase decision of Samsung smartphone. KnE Social Sciences, 329-336

Untari, D. T., & Rapani, A. (2023). The Influence Of Price Toward Consumer Purchase Decisions At XYX Retail Stores At Bekasi. Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 3(02), 62-64

Qu, L. and Chau, P.Y., 2023. Nudge with interface designs of online product review systems–Effects of online product review system designs on purchase behavior. Information Technology & People, 36(4), pp.1555-1579.

Xu, H., Wu, Y. and Hamari, J., 2023. Musical atmosphere as a (dis) tractive facet of user interfaces: An experiment on sustainable consumption decisions in eCommerce. International Journal of Information Management, p.10271

BUKU:

Andriana, M., Susilowati, H., Ratnaningrum, R., Hargyatni, T., & Sholihah, E. (2022). Kinerja Bisnis UMKM di Era Digital

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Goel, M.R. and Diwan, M.M., 2022. Influence of Social Media Marketing on Buying Decision Making Process of Consumers. Mathematical Statistician and Engineering Applications, 71(4), pp.5525-5533.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

Downloads

Published

2024-09-27