Pengaruh E-Service Quality, Citra Merek, dan Transformaasi Digital Kinerja UMKM Batik Banyumas Melalui Keputusan Pembelian

Authors

  • Rizki Amalia Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia
  • Achmad Syauqi Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia
  • Angga Ary Prasetya Universitas Peradaban, Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54131/jbma.v11i2.196

Abstract

UMKM batik yang sudah go digital lebih mudah mencapai efektivitas dan efisiensi sehingga kinerja penjualannya akan meningkat. Meningkatnya kinerja penjualan akan berdampak pada laba usaha UMKM yang semakin meningkat. UMKM batik yang mempunyai peran penting dalam perekonomian masyarakat tidak bisa lepas dari berbagai macam permasalahan. Beberapa masalah yang sedang dihadapi oleh UMKM batik di Banyumas adalah penurunan penjualan yang mengakibatkan turunnya laba usaha UMKM batik Banyumas. Dengan menggunakan 97 responden dan data analisis menggunakan smart PLS dihasilkan bahwa penelitian ini adalah e service quality, citra merek, dan transformasi digital mempunyai pengaruh positif terhadapkinerja UMKM secara langsung dan tak langsung sehingga perlu dibuat strategi yang mampu meningkatkan kinerja UMKM batik.

References

Faradilla, W. (2023). Analysis Of Factors Affecting The Implementation Of Financial Accounting Standards For Micro, Small, And Medium Entities (Sak-Emkm) In Banyumas Regencies (Doctoral Dissertation, Universitas Jenderal Soedirman)

Ginting, Y., Chandra, T., Miran, I., & Yusriadi, Y. (2023). Repurchase intention of e-commerce customers in Indonesia: An overview of the effect of e-service quality, e-word of mouth, customer trust, and customer satisfaction mediation. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 329-340.

Hawa SD. Dampak Electronic Word Of Mouth (eWom) pada Smarthphone Xiaomi. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban. 2021 Dec 31;2(2):27-34.

Amalia R, Rianto S. Promosi Penjualan, E-Service Quality, dan Citra Merek sebagai upaya Meningkatkan Pengguna Dompet Digital OVO. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban. 2022 Dec 19;3(2):61-4.

Natalia, C. (2023). Pengaruh Kualitas Informasi dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang Shopee Xpress Melalui Aplikasi E-commerce Shopee di Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Musi Charitas).

Pradisti, L., Suparno, C., & Suwandari, L. (2022). Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Digital Content Marketing Dan Transformasi Digital Pada Umkm Makanan Di Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 24(4), 75-84.

Prayogi, G., & Gunarto, M. (2022). Pengaruh Transformasi E-Book Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Buku-Buku Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 283-293.

Stanel Andini, N. P. L. (2022). Implementasi Program Transformasi Digital Dalam Mendorong Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Buleleng (Doctoral Dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset

J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(2), 263-280.

Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan transformasi digital pada UKM selama pandemi Covid-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79-87.

Stanel Andini, N. P. L. (2022). Implementasi Program Transformasi Digital Dalam Mendorong Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Buleleng (Doctoral Dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

Downloads

Published

2024-09-27