Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.54131/jbma.v11i1.185Keywords:
Pelayanan, Fasilitas dan KepuasanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Rumah Sakit Nur Hidayah, Bantul, D.I Yogyakarta pada bulan Februari 2023 berjumlah 107 orang, sedangkan sampelnya menggunakan sampel random berjumlah 84 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengumpulan dengan menggunakan SPSS.17. Analisis data menggunakan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa pelayanan dan fasilitas berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul D.I. Yogyakarta
References
Evanjelina, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Eva Lutfiana. ( 2022) Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Darurat Covid (Fkdc) Terhadap Kepuasan Pasien Covid-19 Di Asrama Haji Sleman D.I. Yogyakarta : Akademi Manajamen Administrasi Yogyakarta.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
(2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardani, S. M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Herlambang. (2019). Dasar-Dasar Pelayanan Kesehatan . Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Imam, A. L. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance.
Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Maulana, A. (2013). Sistem Pelayanan Kesehatan, Tujuan Pelayanan Kesehatan.
Jakarta: EGC.
Kementerian Agama, 2020, Profill Asrama Haji Sleman DIY. Tersedia : https://youtu.be/Eo_-W-UQ_XY
Muninjaya. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Pohan, I. (2015). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Republik Indonesia. 2017. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.11 Tahun 2017 tentang Pasien. Jakarta. Depkes Republik Indonesia.
Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.47 Tahun 2016 tentang Fasilitas Kesehatan. Jakarta. Depkes Republik Indonesia.
RI, D. (2009). Standar Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Riani, S. (2020). Pengaruh Efektivitas Pelayanan Bagian Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di . Yogyakarta: AMA Yogyakarta.
Subiyantoro, A. (2019). Modul Praktikum SPSS AMA Yogyakarta. Yogyakarta: Salemba Medika.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitia Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
(2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung: ALFABETA.
(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
(2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni. (2020). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta.