Analisis Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Electronic Banking Terhadap Keputusan Generasi Z Menggunakan Jasa Perbankan Syariah

Authors

  • Myrza Muhammad Fikri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dyah Pikanthi Diwanti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54131/jbma.v11i1.184

Keywords:

Religiusitas, Pengetahuan, Electronic Banking, Generasi Z, Keputusan Penggunaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Electronic Banking Terhadap Keputusan Generasi Z menggunakan Jasa Perbankan Syariah pada nasabah mahasiswa aktif di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling, yaitu sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja responden yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data dan diolah data menggunakan program SmartPLS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Religiusitas, Pengetahuan dan Electronic Banking berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan generasi Z menggunakan jasa perbankan syariah. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang mempengaruhi minat seseorang untuk menggunakan produk perbankan Syariah. Kemudian pengetahuan manfaat pemakaian di perbankan syariah seseorang maka akan semakin tinggi minat menabung seseorang dan kemudahan serta keamanan dalam menggunakan electronic banking mempengaruhi seseorang untuk menggunakan produk perbankan Syariah.

References

Abror, D. P. (2019). Literasi keuangan syariah pada generasi z: Peran keluarga dan religiusitas. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(2), 66–72. https://doi.org/10.24036/jkmb.11687000
Ag, S., Si, M., Pradisti, L., Sumarsono, M. S. D., Si, M., Zulaikha, S., & Si, M. (n.d.). DIMENSI RELIGIUSITAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR ( Studi Pada Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto ). 1– 13.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Christiyanto, W. W., Gaffar, V., Monoarfa, H., Andriana, D., & Soegoto, E. S. (2023). Contrasting the drivers of Islamic bank adoption in Indonesia. Journal of EasternEuropean and Central Asian Research (JEECAR), 10(4), 589–598. https://doi.org/10.15549/jeecar.v10i4.1353
Dayyan, M., Nurjanah, & Bestari, U. D. A. (2022). Analisis Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan E-Banking Pada Bank Syariah Indonesia Di Kota Langsa. J-EBIS (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 7(April), 191–206. https://doi.org/10.32505/j- ebis.v7i1.4058
Firmansyah, A. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Kualitas PelayananTerhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 1–7. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jei/
Hasanah, F. (2019). Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah. BALANCE Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815
Kholid, F. I., & Soemarso, E. D. (2018). Analisis Pengaruh Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Nasabah dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KCP Magelang. Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 49–57. http://journal2.um.ac.id/index.php/ekobis/article/view/2164
Kustina, K. T., & Sugiarto, Y. W. (2020). Pengaruh penerapan branchless banking dan e- banking terhadap kinerja keuangan sektor perbankan di indonesia. Jurnal IlmiahAkuntansi Dan Bisnis, 5(1),2528–1216.http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi
Muchamad Bagus Satrio Wibowo, & Muhammad Iqbal. (2022). Faktor Pengetahuan dan Religiusitas Generasi Z Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Malia (Terakreditasi), 13(1), 93–106. https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2795
Muslih, M. K. (2012). Epistemologi Islam. 344.
No, V., & Kunci, K. (2021). Pengaruh Dimensi Religiusitas dan Faktor Sosio ‐ Demografis Terhadap Keputusan Menabung Dosen Fakultas Ekonomi Dan bisnisuniveristas mataram pada bank syariah Lembaga perbankan merupakan sebuah lembaga yang melaksanakan tiga fungsi utama , yaitu menerima. 3(1), 44–60.
Nurjaya, N., Sunarsi, D., Effendy, A. A., Teriyan, A., & Gunartin, G. (2021). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kehutanan Dan Perkebunan Kota Bogor. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 4(2), 172. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v4i2.9086
Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 177–187. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8609
Prasetyo, H., & Anitra, V. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kinerja Karyawan : Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Borneo Student Research, 2(1), 705–713.
Ag, S., Si, M., Pradisti, L., Sumarsono, M. S. D., Si, M., Zulaikha, S., & Si, M. (n.d.). DIMENSI RELIGIUSITAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR ( Studi Pada Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto ). 1–13.
Muslih, M. K. (2012). Epistemologi Islam. 344.
Ramadhan, M. R., Nurlinda, & Ginting, E. K. B. (2021). Analisis Tingkat Pengetahuan Digital Banking Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Jurnal Budgeting Akuntansi, 2(1), 106– 113.
Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163– 175.
Valentino, U., Annisa Noven, S., Ekonomi dan Bisnis, F., Padjadjaran, U., Kunci, K., Syariah, B., Digital, B., & Digital Syariah Saran, B. (2022). Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1679–1688.http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5299
Wahyuni, R. C., & Waloejo, H. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pt Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 349–356. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26438
Yuliani, E., Pradiani, T., Alamsyah, A. R., Studi, P., Manajemen, M., Ekonomi, F., & Malang, A. (2021). Melalui Pemediasi Minat Dan Kesadaran ( Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Kuta Bali ). 2(2), 1–12.
Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021a). Jurnal Perbankan Syariah Optimization Of Human Resources Management In Islamic Banking Fitra Azkiya Firdiansyah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 2721–6241.
Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021b). Pengaruh Religiusitas, Persepsi Dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 114–130. https://doi.org/10.46367/jps.v2i2.342

Downloads

Published

2024-03-29