Pengaruh Algoritma TikTok dan Konten Kreatif Pada TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian

  • Ari Santi Putri Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa
  • Siti Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Algoritma TikTok dan Konten Kreatif pada TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif aplikasi TikTok dan TikTok Shop di Desa Menukung kota. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan Rumus Rao Purba dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Kualitas instrumen diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik dilakukan menggunakan uji yang berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi menggunakan aplikasi software komputer SPSS. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda melalui uji T, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi (r). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t  Algoritma TikTok mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pengguna TikTok Shop. Konten Kreatif  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pengguna TikTok Shop.


kata kunci : Algoritma, Konten Kreatif, TikTok Shop, Keputusan Pembelian


 


 

Published
Mar 30, 2024
How to Cite
PUTRI, Ari Santi; NURHAYATI, Siti. Pengaruh Algoritma TikTok dan Konten Kreatif Pada TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 10 - 15, mar. 2024. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/182>. Date accessed: 20 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v11i1.182.