Pengaruh Pajak Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet KFC

  • Arfi Perdana Simaremare Politeknik Unggul LP3M Medan
  • Minasari Nasution Politeknik Unggul LP3M Medan

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh pajak restoran terhadap keputusan pembelian konsumen pada outket KFC. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun VI Marindal II. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah makan atau minum di outlet KFC yang berjumlah 450 orang. Hasil menggunakan rumus slovin dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 82 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Thitung (6,646 ) > Ttabel (1,66412) dan signifikan sebesar 0,000 < 0,1 artinya pajak restoran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada outlet kfc. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (R Square) sebesar 0,596 hal ini berarti 59,6% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya (100% - 59,6% = 40,4%) dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini, standar error of the estimate sebesar 2,120 yang berarti semakin kecil standar deviasi maka model semakin baik.


Kata Kunci  : Pajak Restoran, Keputusan Pembelian

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
PERDANA SIMAREMARE, Arfi; NASUTION, Minasari. Pengaruh Pajak Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet KFC. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 186 - 196, sep. 2023. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/172>. Date accessed: 16 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v10i2.172.