Analisis Edukasi, Motivasi Investasi Dan Modal Terhadap Minat Berinvestasi Saham Syariah (Studi Pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu)

  • Ani Oktavianingsih UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Supardi Mursalin UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Kustin Hartini UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi, motivasi dan modal terhadap minat siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu dalam berinvestasi saham syariah. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk menghubungkan variabel yang ada, baik sebagai penelitian korelasional maupun regresi. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan mengambil semua populasi yaitu 50 orang responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan menyebar kuesioner melalui paper. Data diolah melalui program Eviews 10 dengan menguji kualitas data dan hipotesis yang dilakukan dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel edukasi (X1) dan modal (X2) tidak berpengaruh terhadap minat siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu dalam berinvestasi saham syariah. Sedangkan variabel motivasi (X3) berpengaruh terhadap minat siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu dalam berinvestasi saham syariah. Dan secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap minat siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu dalam berinvestasi saham syariah karena nilai F hitung 6,260 lebih besar dari F tabel yaitu 2,790. Besar pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap minat berinvestasi saham syariah terlihat dari R Squared sebesar 28,99% dan sisanya 71,01% dipengaruhi oleh varibel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


 Kata Kunci: Edukasi, Motivasi, Modal, Minat Berinvestasi Saham Syariah

Published
Mar 7, 2023
How to Cite
OKTAVIANINGSIH, Ani; MURSALIN, Supardi; HARTINI, Kustin. Analisis Edukasi, Motivasi Investasi Dan Modal Terhadap Minat Berinvestasi Saham Syariah (Studi Pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 14-23, mar. 2023. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/156>. Date accessed: 29 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v10i1.156.