Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Konsep Spencer And Spencer Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Pegadaian Syariah Wilayah Yogyakarta)

  • Agnes Oktavia Anshori Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Dyah Pikanthi Diwanti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

            Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi (X1), dan pengaruh kompetensi dengan konsep Spencer & Spencer dengan variabel motives (X2), traits (X3), self concept (X4), knowledge (X5), dan skills (X6) terhadap kinerja karyawan. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian  ini adalah seluruh karyawan Pegadaian syariah Wilayah Yogyakarta yang berjumlah 47 responden.


     Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda yang dioperasikan menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil uji F Probabilitas signifikasi 0,000 < 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga pada penelitian ini Budaya Organisasi, Motives, Traits, Self Concept, Knowledge, dan skills secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Pegadaian Syariah Wilayah Yogyakarta. Dan skor koefisien determinasi R2 = 60% kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel Budaya Organisasi, Motives, Traits, Self Concept, Knowledge, dan skills dan sisanya 40 % dipengarungi oleh variabel bebas lainnya. Variabel Knowledge memiliki pengaruh paling besar dalam meningkatkan kinerja karyawan dibandingkan dengan variabel lainnya.


 Kata kunci: Budaya Organisasi, Motives, Traits, Self Concept, Knowledge, dan Skills, Kinerja Karyawan, Pegadaian Syariah.

Published
Mar 7, 2023
How to Cite
ANSHORI, Agnes Oktavia; DIWANTI, Dyah Pikanthi. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Konsep Spencer And Spencer Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan Pegadaian Syariah Wilayah Yogyakarta). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 45-54, mar. 2023. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/154>. Date accessed: 29 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v10i1.154.