Pengaruh Citra Destinasi dan Kepuasan Wisatawan terhadap Loyalitas Wisatawan di Yogyakarta

  • Indri Hastuti Listyawati Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa, Yogyakarta, Indonesia
  • Andri Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa, Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra destinasi dan kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan pada Taman Sari Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden yang merupakan pengunjung wisata Taman Sari. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda, serta uji signifikan (uji t dan uji F).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien dari citra destinasi sebesar 0,085 dengan nilai signifikan 0,113 (>0,05) artinya citra destinasi tidak berpengaruh terhadap loyalitas wiatawan, nilai koefisien kepuasan wisatawan 0,536 dengan nilai signifikan 0,000(<0,05) artinya kepuasan  wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai sebesar 34,744 dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05) yang berarti bahwa citra destinasi dan kepuasan wisatawan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan.

Published
Mar 28, 2022
How to Cite
LISTYAWATI, Indri Hastuti; WULANDARI, Andri. Pengaruh Citra Destinasi dan Kepuasan Wisatawan terhadap Loyalitas Wisatawan di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 37-43, mar. 2022. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/136>. Date accessed: 05 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v9i1.136.