Pelatihan "Communicative Nursing English" untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Amanah Husada Yogyakarta

Authors

  • Risa Arroyyani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Maryani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Pipin Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta

Keywords:

pelatihan, bahasa Inggris keperawatan, bahasa Inggris komunikasi, siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Pelatihan bahasa Inggris khususnya komunikasi keperawatan diperlukan oleh semua calon perawat, termasuk pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang mengambil jurusan keperawatan. Kegiatan pelatihan ini melibatkan dosen bahasa Inggris keperawatan (ESP for Nursing) untuk melatih para siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagai media siswa belajar dan mempraktekkan bahasa Inggris terutama terkait kosa kata dan ekspresi sederhana dalam interaksi dengan pasien baik tahap pengenalan, tindakan, serta penutupan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMK Amanah Husada, Yogyakarta yang melibatkan 28 siswa kelas Perawat 1 dan Perawat 2. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, siswa mengikuti dengan antusias serta mendapatkan peningkatan keahlian terutama dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris (Speaking Skill).

References

Maryani, M., & Arroyyani, R. (2024). Situational Syllabus in Vocabulary English for Nursing Book: Occupational Purposes. Acitya: Journal of Teaching and Education, 6(1), 34–52. https://doi.org/10.30650/ajte.v6i1.3828

Novianty, P., Murtiningsih, T., Aflahah, N. A., Nadia, H., Jufriansah, A., & Saputra, A. (2023). Learning English Vocabulary in Nursing Context for Nursing Students.

Pradana, A., Yunita, W., & Diani, I. (2022). What do nursing students need in learning English? JOALL (Journal of Applied Linguistics and Literature), 7(2), 321–344. https://doi.org/10.33369/joall.v7i2.14819

Riendrasiwi, N. (2024). Eksplorasi pengalaman belajar mahasiswa keperawatan: Hambatan dan harapan dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Jurnal Kesehatan, 12(2), 202–213.

Warni, A., & Jufri, A. C. (2023). A Study Of Students’ Ability In Understanding Medical Vocabulary At Nursing English Class Of “Universitas Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2209–2215.

Wulandari, R. A., Asmaningrum, N., & Ardiana, A. (2022). Transcultural Communication Strategies in Nursing with Multicultural Clients in Hospital Settings: A Systematic Literature Review. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA, 8(2), 91–106. https://doi.org/10.17509/jpki.v8i2.47326

Downloads

Published

2024-12-30