Analisis Strategi Pemasaran Produk Kerupuk untuk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM di Desa Bantarmangu Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Bantarmangu kecamatan Paguyangan dengan mengangkat mitra produsen Kerpuk yakni UMKM Kerupuk Dua Putri. UMKM tersebut memproduksi berbagai macam kerupuk, di antaranya Kerupuk Putih dan Kerupuk Gendar. Dalam produksinya, UMKM ini masih menghadapi beberapa permasalahan yang berdampak pada kurangnya angka penjualan pada UMKM Dua Putri, di antaranya (1) Kurangnya literasi digital dan penerapan pada penjualan online, (2) Kenaikan bahan baku dan (3) Perubahan cuaca. Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap monitoring dan evaluasi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah beberapa cara pada strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan Kerpuk salah satunya dengan menerapkan strategi promosi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan UMKM Dua Putri dapat menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan penjualan.
Kata kunci: UMKM, Kerupuk, Strategi pemasaran , Penjualan