Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris menggunakan Flashcards pada Siswa TK Masjid Syuhada
Keywords:
Bahasa Inggris, anak usia dini, flashcards, pembelajaran interaktif, pembelajaran kolaboratifAbstract
Penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional sangat penting di era 5.0, termasuk bagi anak usia dini. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris sederhana pada siswa TK Masjid Syuhada melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan menggunakan media flashcards. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran kelompok dengan dukungan video animasi pendek, flashcards bertema "My Emotions," serta diskusi interaktif. Hasil menunjukkan bahwa siswa mampu mengenali dan mengingat kosakata emosi dalam bahasa Inggris serta menunjukkan antusiasme tinggi selama kegiatan. Penggunaan media visual seperti flashcards terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran, meningkatkan pemahaman materi, dan memotivasi siswa. Program ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan pengasuh dalam memberikan stimulasi bahasa asing. Dengan pengembangan lebih lanjut, program ini berpotensi menjadi model pembelajaran bahasa Inggris yang dapat diterapkan di sekolah lain.
References
Amarwati, Z. T., Santi, A. U. P., & Taznim, T. (2024). Implementasi Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhamamdiyah Semanu.
Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
BBC Indonesia. (2015, August 22). Mencermati pengajaran bahasa asing pada anak usia dini di Indonesia. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/08/150821_majalah_pendidikan_tk
Daulay, S. M., & Pransiska, R. (2022). Permasalahan Guru Taman Kanak-kanak Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 79–87. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.719
Lembaga Bahasa LIA. (2022, June 24). Masalah Yang Umum Dihadapi Oleh Anak-anak Ketika Belajar Bahasa Inggris Dan Cara Mengatasinya | Lembaga Bahasa LIA. https://lblia.com/masalah-yang-umum-dihadapi-oleh-anak-anak-ketika-belajar-bahasa-inggris-dan-cara-mengatasinya/
Pitaloka, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIS PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA MARGOMULYO III. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1).
Setianingsih, I. S., & Ningsih, I. N. D. K. (2024). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Sederhana melalui Nursery Rhymes bagi Siswa TK A. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 4(3), 78–85. https://doi.org/10.31004/abdira.v4i3.496