PENGARUH RELATIONSHIP MARKETINNG TERHADAP LOYALITAS NASABAH MENABUNG DI PT. BPR “PALA” SLEMAN

  • Edi Cahyono

Abstract

Persaingan di lembaga keuangan saat ini semakin ketat, khususnya antara lembaga keuangan mikro/kecil dengan bank konvensional. Salah satu strategi yang dianggap tepat untuk mempertahankan pertumbuhan usaha adalah dengan menerapkan strategi relationship marketing. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural baik secara parsial maupun serentak terhadap loyalitas nasabah dalam menabung di PT. Bank Perkereditan Rakyat (BPR) “PALA” Sleman Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah para nasabah BPR “PALA” dengan menggunakan teknik convenience sampling sebanyak 70 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pola kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ikatan keuangan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menabung. Akan tetapi ikatan sosial dan ikatan struktural memiliki pengaruh terhadap loyaitas nasabah dalam menabung. Secara serentak ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural berpengaruh terhadap loyalitas nasabah menabung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah apabila ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural diterapkan meningkat, maka loyalitas nasabah juga akan meningkat. Saran untuk obyek penelitian diharapkan untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan nasabah dengan memperhatikan dan meningkatkan ikatan keuangan, ikatan sosial dan ikatan struktural. Kata kunci : Relationship Marketing, Loyalitas, Bank dan Tabungan
Published
Mar 9, 2017
How to Cite
CAHYONO, Edi. PENGARUH RELATIONSHIP MARKETINNG TERHADAP LOYALITAS NASABAH MENABUNG DI PT. BPR “PALA” SLEMAN. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 4, n. 1, mar. 2017. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/52>. Date accessed: 23 apr. 2024.