PENGARUH CITRA PASAR TRADISIONAL TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS DI PASAR WATES KULONPROGO)

  • Sarjita Sarjita

Abstract

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi orang membeli pada pasar tradisional. Dalam
penelitian ini diukur melalui harga, pelayanan, kualitas, lingkungan fisik dan lokasi. Obyek dalam
penelitian ini adalah Pasar Wates Kulonprogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh harga, pelayanan, kualitas, lingkungan fisik, dan lokasi serta untuk mengetahui dimensi
yang paling dominan yang mempengaruhi loyalitas konsumen Pasar Wates Kulonprogo. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Jenis
datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis
menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, pelayanan, kualitas, lingkungan
fisik, dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dari uji
koefisien determinasi diketahui bahwa 66,2 % variasi perubahan loyalitas konsumen dijelaskan
oleh variasi perubahan faktor-faktor lokasi, harga, pelayanan, kualitas dan lingkungan fisik.
Sementara sisanya sebesar 33,8 % diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi
Kata Kunci: harga, pelayanan, kualitas, lingkungan fisik, lokasi, loyalitas konsumen

Published
Sep 9, 2016
How to Cite
SARJITA, Sarjita. PENGARUH CITRA PASAR TRADISIONAL TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS DI PASAR WATES KULONPROGO). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 3, n. 2, sep. 2016. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/47>. Date accessed: 24 apr. 2024.