ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PROMOTION MIX TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI DIKLAT DI PPM MEDIKA INDOTAMA YOGYAKARTA

  • Edi Cahyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, publisitas, media sosial dan menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi minat siswa mengikuti diklat di PPM Medika Indotama Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa diklat dan calon siswa diklat PPM Medika Indotama. Jumlah kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini berjumlah 105 kuesioner. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang pengambilan objeknya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan pengujian dengan menggunakan regresi berganda iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, publisitas, media sosial secara serentak berpengaruh signifikan terhadap minat siswa mengikuti diklat di PPM Medika Indotama Yogyakarta. Secara parsial iklan, promosi penjualan dan penjualan langsung berpengaruh terhadap minat. Diantara lima variabel tersebut yang paling dominan mempengaruhi minat adalah penjualan langsung.

Kata kunci : iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, publisitas, media sosial, minat.

Published
Mar 1, 2014
How to Cite
CAHYONO, Edi. ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PROMOTION MIX TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI DIKLAT DI PPM MEDIKA INDOTAMA YOGYAKARTA. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 1, mar. 2014. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/31>. Date accessed: 16 apr. 2024.