FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM PEMILIHAN KARIR BERUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA)

  • Dwi Wahyu Pril Ranto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui alasan mahasiswa memilih karir berwirausaha, terdapat tidaknya kebebasan mahasiswa memilih untuk berwirausaha, dan aspirasi masa depan yang dimiliki oleh mahasiswa yang memilih karir berwirausaha. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah berwirausaha. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Selain itu juga digunakan purposive sampling yaitu peneliti memilih anggota-anggota sampel yang memenuhi kriteria tertentu yaitu mahasiswa yang berwirausaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara secara mendalam (indepth interview) kepada para mahasiswa yang berwirausaha. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil wawancara dengan para mahasiswa yang memilih berwirausaha, mereka memiliki alasan-alasan/ motivasi berwirausaha meliputi ingin berprestasi, mencari pengalaman, menyuarakan idealisme, dan belajar tidak tergantung pada orang lain.  Dalam menentukan pilihan terhadap karir, mahasiswa yang memilih berwirausaha mempunyai kebebasan dan tidak ada unsur keterpaksaan. Aspirasi karir mahasiswa yang berwirausaha untuk pengembangan kepribadian adalah meningkatkan kemampuan, mampu mengelola usaha lebih baik, dan mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Adapun aspirasi untuk pengembangan usaha adalah menjadikan usaha yang dijalankan saat ini menjadi lebih besar dan berkembang, dapat memperoleh pengembangan modal dan usaha yang jalankan dapat lebih besar sehingga dapat menampung banyak tenaga kerja.

Kata kunci : motivasi wirausaha, aspirasi karir mahasiswa, pengembangan usaha.

Published
Jun 7, 2016
How to Cite
RANTO, Dwi Wahyu Pril. FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM PEMILIHAN KARIR BERUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA). Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 2, n. 1, june 2016. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/25>. Date accessed: 18 apr. 2024.