Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta

  • Hartini Prasetyo Wulandari
  • Asih Endah Subandiyah STIE Isti Ekatana Upaweda (IEU) Yogyakarta

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, perkembangan teknologi dan informasi berjalan sangat pesat, jaringan internet memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga masyarakat dapat melakukan berbagai kegiatan ekonomi secara on line. Banyak perusahaan bisnis menyediakan sarana untuk para konsumen agar dapat memudahakan dalam bertransaksi atau berbelanja secara online yang dinamakan electronic Comerrce atau e-commerce. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh ulasan produk, harga, dan pembayaran non tunai (ShopeePayLater) terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di Yogyakarta.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Pengambilan data diperoleh melalui pengisian kuesioner dan wawancara langsung kepada pengguna Shopee di  Yogyakarta. Pengujian hipotesa dilakukan dengan metode regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan F dan dari analisa diperoleh hasil bahwa ulasan produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta, sedangkan pembayaran non tunai (Shopee Pay Later) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada MarketPlace Shopee Di Yogyakarta. Penyebab ketidak pengaruhan variabel pembayaran non tunai ini adalah berkaitan dengan karakteristik  responden dimana jika dilihat dari usia responden dan pekerjaan responden adalah rata-rata antara 15 sampai dengan 25 tahun dengan profesi sebagian besar masih pelajar atau mahasiswa  yang masih belum berpenghasilan tetap, sehingga meskipun ada fasilitas pembayaran non tunai namun belum dapat digunakan secara maksimal. Dari uji F diketahui bahwa semua variabel berpengaruh secara bersama-sama dengan variable dependennya.

Published
Sep 20, 2022
How to Cite
WULANDARI, Hartini Prasetyo; SUBANDIYAH, Asih Endah. Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 80-93, sep. 2022. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/138>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v9i2.138.