Analisis Penanganan Penumpang Disabilitas pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta

  • Yuliantoharinugroho Yuliantoharinugroho Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah staff Maskapai Citilink Indonesia di Bandara Adisujipto Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui penanganan penumpang disabilitas pada Maskapai Citilink di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, cara Maskapai Citilink mengatasi permasalahan dalam penanganan penumpang disabilitas di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.


Hasil penelitian menunjukkan cara penanganan penumpang disabilitas pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adisujipto Yogyakarta yaitu Petugas check-in akan memeriksa setiap identitas penumpang untuk mengetahui kondisi setiap penumpang. Pada saat check-in setiap penumpang disabilitas wajib melapor agar penumpang dengan Tunanetra, Tunarungu, Autis dan penumpnag yang membutuhkan kursi roda seperti halnya yang penumpang ingin didampingi sampai naik pesawat maka petugas akan memberikan sesuai dengan kebutuhan penumpang disabilitas. Permasalahan yang sering muncul adalah penumpang disabilitas yang tidak melapor ke Counter Check in, sehingga petugas pasasi akan menaikkan penumpang disabilitas yang mestinya masuk lebih awal, dimasukkan setelah penumpang yang lain memasuki pesawat.

Published
Dec 6, 2021
How to Cite
YULIANTOHARINUGROHO, Yuliantoharinugroho. Analisis Penanganan Penumpang Disabilitas pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 112-123, dec. 2021. ISSN 2252-5483. Available at: <https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/view/122>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.54131/jbma.v8i2.122.